Kamis, 14 Maret 2013

Menangani Kendala Overheating Pada Mobil



Salah satu indikasi penting adanya ketidakberesan dalam mobil anda adalah mesin yang overheat. Jika overheat atau panas mesin mobil meningkat drastis anda alami saat perjalanan, tepikanlah mobil, matikan mesinnya dan periksalah mesin mobil anda. Kondisi mesin mobil yang overheat bisa disebabkan oleh panas berlebih atau sistem pendinginan kurang sempurna.
Campuran udara dan bahan bakar (air fuel ratio atau ARF) yang kurang pas, waktu pengapian yang terlalu cepat, atau lubrication system yang bermasalah menjadi pemicu timbulnya panas berlebih pada mesin. Sedangkan sistem pendinginan yang kurang sempurna bisa disebabkan oleh penyerapan dan pelepasan panas oleh mesin tidak berjalan dengan optimal. Akibat kondisi itu, jumlah cairan di cooling system tidak mencukupi, sirkulasi air tidak sempurna, dan pelepasan panas bermasalah. Lantas, apa yang harus dilakukan jika mesin mobil overheat?

Pertama, buka kap mesin. Biarkan udara bebas mempercepat proses pendinginan mesin. Kemudian nyalakan mesin, lihat apakah kipas elektrik berputar dengan normal atau mulai melemah. Jika kipas tidak berputar, berarti motor listrik rusak, sehingga anda perlu menghubungi bengkel untuk penanganan lebih lanjut. Kedua, periksa bagian bawah mesin untuk melihat ada tidaknya kebocoran oli atau air radiator atau blok mesin. Jika tidak terlihat kebocoran, overheat bisa disebabkan oleh proses pendinginan mesin yang kurang maksimal atau kekurangan air pada radiator.

Untuk penanganannya, buka tutup radiator sedikit demi sedikit untuk mengurangi tekanan air radiator. Setelah dingin, buka tutup radiator dan tambahkan cairan pendingin (radiator coolant) atau air murni (aquades). Kemudian coba nyalakan mesin tanpa menutup radiator.

Periksa kondisi radiator untuk melihat kondisi sirkulasi airnya berjalan dengan sempurna sesuai putaran mesin. Jika sirkulasi air tidak berjalan sempurna atau kebocoran sangat deras, radiator mobil perlu diperbaiki. Sebaiknya, bawalah mobil ke bengkel terdekat.

Melihat dampak negatif overheat, sebaiknya anda mengambil langkah antisipatif dengan mengecek kondisi fisik dan mesin mobil sebelum anda bepergian. Dengan demikian, anda tidak perlu was-was jika menempuh perjalanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar